Jumat, 14 Januari 2011

trik motor GULUNG SEPUL PADA CDI.

Tips dan trik gulung sepul pada CDI.

Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan info bagaimana cara gulung sepul. Dah pada tau kana pa itu gulung sepul? Bagi yang belum tahu gulung sepul pada CDI itu apa maka saya kan mencoba menjelaskannya..okeh..Gulung sepul pada CDI adalah inti dari pengapian CDI tanpa ada sepul ini maka CDI ini tidak akan bekerja. Intinya sepul CDI ini charger / pengisian arus ke CDI dan ke coil terus ke busi. Udah paham belum? Kalo belum silahkan Tanya jawab sama saya saja. Berikut caranya :
1.       Dalam menggulung sepul ini harus teliti, sabar dan rapi. Supaya hasilnya awet dan maksimal.
2.       Menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya yaitu :
a.       kawat tembaga ukuran 0.012 mm atau 0.010 mm (email kawatnya)
b.       lem besi (plastic steel) bisa juga memakai resin (fiber glass)
c.       alat-alatnya sperti : solder.
3.       Nah cara menggulungnya sebagai berikut :
      Solder dulu kawat tembaga ke sambungan kabel. Gulungan searah dengan jarum jam. Diusahakan menggulung dengan rata. Jangan kendor, sampai penuh ke permukaan keren (inti besi) berkisar kurang lebih jika diukur 450 ohm. Semakin ohm nya besar maka lebih bagus dan lebih besar apinya. Panjang kawat menentukan voltase, besar kawat menentukan Ampere. Setelah selesai di lem dengan rapat.
4.       Gulungan siap digunakan.
       Berikut ini gambar-gambarnya :


8 komentar:

Kolom Belajar Blog mengatakan...

Salam Kenal..dari orang garut.

Kalau boleh tahu cara penghitungan panjang kawat untuk menghasilkan 12 volt gimana..?

Kemudian apakah besar kawat berpengaruh tidak untuk pengapian yang menggunakan CDI..?

kang tono mengatakan...

untuk mencapai 12volt ukuran kawat0,9 12 meter tergantung pada kondisi magnitnya kalau sudah lemah tinggal tambah panjang kawat tapi kalau gulungan sepeda motor kebanyakan lebih dari 12 volt sampai 45 /50 volt ac nanti yang mengatur regulator penstabil arus trsb .besar kawat yg anda maksud kawat cdi atau,kawat lampu ,kalau kawat cdi jangan terlalu besar kawat semakin kecil kwt lebih bagus msl 0,10-0,12- 0,15 untuk cdi dibutuhkan volt bukan amper semakin besar kwt ,semakin besar ampernya dan sebaliknya .kalau yg dimaksud besar kawat spul lampu ngga ngaruh pada cdi

rizki mengatakan...

cara yang seperti di atas itu untuk CDI dc apa AC ya mas bro?
trus kalo mau bikin pengisian ke aki yang lebih cepat gimana caranya ya kalau masih pakai spul GL125 platina, soalnya saya mau bikin supaya keluaran dari aki bisa mencapai 16v-20v max,tapi tetep stabil?
klo punya tips untuk bilin regulator DC boleh dong di pajang juga biar bisa lebih ngerti lagi soal kelistrikan motor.
trims banget sebelumnya.

mamet_zampagna mengatakan...

kalo 1 gulungan spul dengan 2 gulungan spul apa yg membedakannya???
andaikan ada 2 gulungan sepul dimana posisi gulungan, bersebelahan atau berseberangan??

mamet_zampagna mengatakan...

kalo 1 gulungan spul dengan 2 gulungan spul apa yg membedakannya???
andaikan ada 2 gulungan sepul dimana posisi gulungan, bersebelahan atau berseberangan??

mamet_zampagna mengatakan...

kalo 1 gulungan spul dengan 2 gulungan spul apa yg membedakannya???
andaikan ada 2 gulungan sepul dimana posisi gulungan, bersebelahan atau berseberangan??

kang tono mengatakan...

mamet ,,,yang mrmbrdakan 1gulunga dengan2 gulungn kalau 2 jelas voltnya lebih besar karena panjang kawat lebih banyak ,basanya itu dilakukan mungkin kerenya kecil tidak bisa muat kawat banyak biasanya buat ngerubah spool satria 2t

eggi mengatakan...

berarti mang,klo misalkan spul jalan nya dibikin dari dua gulungan,,lebih bagus dong..???
bgitu juga lampu dan pengisian batre nya.......
apakah begitu....???
trus klo kawat ngegulung spul putus (dari gulungan yang 1 ke yang 2),,trus di sambungkan lagi secara manual...apakah dampaknya mengurangi dari voltase tersebut...???